Kamis, 13 Oktober 2016

Pengertian Ligamen

Pengertian Ligamen

Menurut kamus kesehatan

Ligamen atau ligamentum adalah pita mengkilap dan fleksibel dari jaringan ikat yang menghubungkan tulang dengan tulang.
Ligamen berbeda dengan tendon karena ligamen menghubungkan tulang dengan tulang, sedangkan tendon melekatkan otot ke tulang.Tendon membawa stimulus listrik atau neurologis, sedangkan ligamen tidak.

Menurut sumber lain

Ligamen adalah adalah pita jaringan yang elastis yang mengikat luar ujung tulang yang saling membentuk persendian, membantu mengontrol rentang gerak, dan menstabilkan mereka sehingga tulang bergerak dalam keselarasan.

Tanpa adanya  ligamen maka antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya tidak akan menyatu dan tidak mungkin bisa melakukan gerak saat otot berkontraksi. Walaupun bisa, gerakan yang ditimbulkan tidak akan sempurna. 

Tubuh  terdiri  atas  jaringan-jaringan  atau sekelompok sel yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama.  Jaringan  dengan  struktur  yang  khusus memungkinkan  mereka  mempunyai  fungsi  yang spesifik.

Sistem muskuloskeletal (anggota gerak) terdiri dari tulang dan otot. Tulang saling terhubung satu sama lain ke otot dengan bantuan struktur yang dikenal sebagai jaringan ikat. Otot disebut alat gerak aktif karena kemampuannya berkontraksi. Sedangkan tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat melakukan pergerakkannya sendiri. Tanpa adanya alat gerak aktif yang menempel pada tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya.

Untuk melakukan berbagi gerakan, dibutuhkan alat yang berperan dalam mempertahankan kelenturan kerangka tubuh, yaitu sendi. Komponen penunjang sendi yang penting ialah ligamen dan tendon (jaringan ikat utama selain fasia). Fasia berperan menghubungkan antara satu otot ke otot lainnya. Ligamen menghubungkan dua tulang yang terpisah satu sama lain sedangkan tendon menghubungkan otot dengan tulang. Namun, postingan kali ini yang menjadi fokus pembahasan kita adalah tentang ligamen.

Sumber :
Kamus Ligamen


Penjelasan Ligamen



Obat Ligamen Robek

Terimakasih Atas Kunjungan Anda Di Blog Ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar